Text
Komunikasi Pendidikan dan Media Baru
Komunikasi yang kita lakukan tidak akan pernah lepas dari tujuan,
sekalipun tujuan komunikasi tersebut bisa saja tidak disadari atau tidak
dirumuskan secara baik. Namun pasti ada tujuan tertentu dalam
berkomunikasi. Tujuannya bisa saja menginformasikan, menghibur,
mendidik atau memengaruhi. Dalam konteks komunikasi pendidikan,
latar dan lingkungan komunikasi saat ini bisa disebut sebagai latar dan
lingkungan yang saling bersaing. Pesan-pesan yang disampaikan melalui
komunikasi pendidikan di keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan
bersaing dengan pesan-pesan yang disampaikan pada dunia politik,
ekonomi dan media massa sendiri. Apa yang diajarkan melalui
pendidikan harus bersaing dengan kenyataan yang ditampilkan di media
massa, khususnya televisi.
Komunikasi manusia memang berlangsung pada lingkungan tertentu,
termasuk juga komunikasi pendidikan. Komunikasi pendidikan tidak
hanya berlangsung dalam lingkungan dan latar sosial, budaya, ekonomi,
dan politik tetapi juga berlangsung dalam lingkungan dan latar
komunikasi tertentu. Apalagi sekarang ini, kita hidup di dunia dengan
media baru, yaitu media digital yang memudahkan manusia untuk
berkomunikasi di mana pun dan kapan pun. Media baru ini muncul
melengkapi media konvensional. Buku ini terbagi dalam empat belas bab
yang menjadi substansi penting yang membahas perihal Komunikasi
Pendidikan dan Media Baru.
Tidak tersedia versi lain