Text
Dasar Dasar Perencanaan Pendidikan
Banyak kita dapati pada saat ini, betapa menjamurnya berbagai lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Ada yang tahun pertama langsung banyak peminat ada pula yang harus tergopoh[1]gopoh promosi kemana-mana bahkan ada yang sudah beberapa tahun berdiri perkembangannya masih stagnan. Kondisi tersebut sudah dapat kita ketahui bersama, bahwa ada hal yang tidak beres terutama salah satunya pada proses perencanaannya. Padahal pendirian sebuah lembaga pendidikan tidak bisa main-main karena menyangkut masa depan peserta didik, sehingga perlu perencanaan yang matang di dalamnya.
Dalam sebuah perencanaan, pada setiap sisi perlu dipersiapkan secara matang, mulai dari hal yang fundamental sampai pada siapa pihak yang terlibat dalam perencanaan tersebut. Karena apa yang direncanakan akan menentukan keberhasilan ke depannya. Buku ini hadir untuk sedikit memberikan wawasan terhadap para praktisi pendidikan sebagai bekal melakukan sebuah perencanaan. Di dalamnya menyajikan teori mendasar mengenai perencanaan pendidikan, dapat digunakan sebagai acuan membuat sebuah perencanaan baik untuk jenjang dasar, menengah maupun tinggi.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya:
Pendahuluan
Klasifikasi Perencanaan Pendidikan
Landasan dan Prinsip Perencanaan Pendidikan
Model, Metode, Pendekatan, dan Teknik Perencanaan Pendidikan
Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen
Problematik dan Isu Dalam Perencanaan Pendidikan
Manajemen Strategik dalam Perencanaan Pendidikan
Karakteristik Pendidikan Era 4.0
Tidak tersedia versi lain