Text
Manajemen Strategik Keorganisasian Publik
Manajemen stratejik memiliki cakupan yang sangat beragam, baik secara teoretis maupun aplikasinya. Berdasarkan atas pertimbangan keberlangsungan penciptaan dan penyampaian nilai pada setiap fungsi organisasi, maka manajemen stratejik dideskripsikan sebagai suatu kesatuan proses manajemen yang berulang-ulang serta kemampuannya untuk mendistribusikan dan mengembangkan nilai bagi pemangku kepentingan (stakeholders). Manajemen merupakan suatu kesatuan dari keseluruhan proses yang terkoordinasi, terintegrasi, tersinkronisasi, dan tersimplifikasi (KISS) serta dapat dibedakan ke dalam beberapa strata organisasi.
Dalam perspektif kelembagaan, organisasi sebagai suatu entitas sosial yang dikoordinasikan secara sadar, diikuti pembatasan-pembatasan yang secara relatif berkesinambungan dengan pengidentifikasian rambu-rambunya secara jeals serta senantiasa berupaya meraih pencapaian visi, misi, dan tujuan secara bersama-sama. Apabila diamati secara detail, perbedaan antara prganisasi publik dan swasta dari sisi manajemen, maka akan muncul pertanyaan: Apakah model manajemen yang dikembangkan dalam organisasi swasta (perusahaan) dapat diterapkan pada organisasi publik tanpa diperlukan penyesuaian lagi?
Buku ini menunjukkan tema menyentuh perbincangan krusial berkenaan dengan kesahihan pengadopsian manajemen stratejik pada organisasi publik. Berbagai penjelasan tentang manajemen stratejik, baik yang berkenaan dengan teori maupun aplikasinya tersajikan secara lugas dan holistik. Kemudian juga, buku ini menyentuh kebutuhan berbagai pihak, khususnya kalangan birokrat di tingkat pusat maupun daerah, para akedimisi, politisi, eksekutif BUMN dan BUMD, pengurus koperasi, dan pegiat LSM.
Tidak tersedia versi lain