Text
Manajemen Strategik
Buku ini memberikan paparan mengenai manajemen strategik baik dari sisi teori maupun praktik yang dilakukan oleh perusahaan korporasi internasional maupun perusahaan korporasi serta kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia. Buku ini terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian pertama membahas konsep-konsep dasar mengenai perencanaan sebagai teori yang mendasari pengembangan manajemen strategik. Pada bagian kedua dijelaskan bagaimana kegiatan formulasi strategi dilakukan oleh perusahaan. Pada bagian ini dijelaskan bagaimana perumusan tujuan perusahaan, pemindaian lingkungan perusahaan (environmental scanning), pengenalan berbagai alat analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Pada bagian kedua ini dijelaskan pula formulasi strategi dengan menggunakan fit model (model Wheelen dan Hunger) yang bertumpu pada penggunaan SWOT analysis dan memformulasikan strategi yang akan dipilih dengan menggunakan TOWS Matrix. Selain itu dijelaskan pula formulasi strategi dengan menggunakan model balanced scorecard (strategic intent model).
Pada bagian ketiga dijelaskan model implementasi dan pengendalian strategi dengan mengacu pada model implementasi dan pengendalian strategi yang dikembangkan oleh Hrebiniak. Pada bagian ketiga dijelaskan pulan secara sepintas konsep tanggung jawab sosial perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang diperluas kepada para pemegang/pemangku kepentingan (stakeholder) di luar pemegang saham (stockholder).
Tidak tersedia versi lain