Text
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak merangkak ke dekade keempat sejak keberadaannya, mendapatkan banyak kekuatan dan kelemahan yang dialami oleh manusia dari abad yang sama. Sifat inosen serta antusiasmenya yang ada di tahun-tahun awal kemunculannya, telah diganti dengan harapan yang lebih masuk akal (dan bahkan sikap sinis yang sehat) yang mendukung tahun-tahun pengalamannya. Rekayasa perangkat lunak mendekati umur pertengahannya dengan banyak pencapaian. Sekarang, rekayasa perangkat lunak dikenal sebagai disiplin yang sah, layak mendapatkan penelitian serius, studi yang sungguh-sungguh, dan diskusi yang matang. Sepanjang industri, "rekayasa perangkat lunak" telah mengganti kerja "programmer". Model proses perangkat lunak, model-model rekayasaan perangkat lunak, dan alat-alat perangkat lunak, telah diadopsi dengan sukses di banyakspektrum aplikasi industri. Para manajer dan praktisi menyadari kebutuhan akan pendekatan terhadap perangkat lunak yang lebih berdisiplin. Akan tetapi, banyak masalah yang dibahas di edisi awal buku ini tetap dicakup dalam edisi sekarang. Banyak individu dan perusahaan masih mengembangkan perangkat lunak secara serampangan. Banyak profesional dan mahasiswa tidak mengetahui metode-metode modern. Akibatnya kualitas perangkat lunak yang diproduksi menjadi kurang bagus. Debat dan kontroversi tentang sifat sebenarnya dari pendekatan rekayasa perangkat lunak terus berlanjut. Status rekayasa perangkat lunak adalah studi yang berlawanan. Sikap-sikap telah berubah, kemajuan sudah dicapai, tetapi masih banyak yang harus dilakukan sebelum disiplin tersebut mencapai kematangan penuh. Maksud dan tujuan adanya buku ini adalah untuk menjadi panduan bagi kematangan disiplin rekayasa. Tigapuluh bab dari edisi ke empat ini disusun dalam lima bagian. Bagian Satu, Produk dan Proses, menyajikan pengantar ke lingkungan rekayasa perangkat lunak. Bagian ini dimaksudkan untuk memperkenalkan materi utama, menyajikan konsep-konsep yang diperlukan untuk bab-bab selanjutnya. Bagian Dua, Mengelola Proyek-Proyek Perangkat Lunak, menyajikan topik-topik yang relevan bagi mereka yang merencanakan, mengelola, dan mengontrol sebuah proyek pengembangan perangkat lunak. Bagian Tiga, Metode-Metode Konvensional untuk Rekayasa Perangkat Lunak, menyajikan metode-metode analisis, desain, dan pengujian, yang dipandang sebagai sekolah "konvensional" dari rekayasa perangkat lunak. Bagian Empat, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek, menyajikan metode-metode berorientasi objek pada proses rekayasa perangkat lunak keseluruhan, mencakup analisis, desain, dan pengujian. Bagian Lima, Topik-Topik Rekayasa Perangkat Lunak Tingkat Lanjut, berisi bab-bab yang membahas metode-metode formal, rekayasa perangkat lunak yang cleanroom, penggunaan kembali, rekayasa ulang, rekayasa perangkat klien / server, dan CASE.
Tidak tersedia versi lain