Text
Perangkat Pembelajaran PPKn Perencanaan dab Pengembangan
Perencanaan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPKn
Penulis : Dr. I Wayan Kertih, .
Penerbit : Media Akademi
ISBN : 978-602-73658-5-8
Halaman : VIII 162
Sejak jabatan guru merupakan jabatan profesi, dan untuk menduduki jabatan profesi itu, maka perencanaan pengajaran merupakan suatu yang tidak dapat dihindari. Sasaran akhir dari perencanaan/desain pembelajaran adalah mudahnya siswa untuk belajar. Sebagai penyandang jabatan profesional, guru haruslah memiliki akuntabilitas, terutama apa yang disebut dengan professional accountability. Perencanaan pengajaran adalah salah satu bentuk dari akuntabilitas tersebut. Di Indonesia, perencanaan pembelajaran dalam bentuk program dan perangkat pembelajaran, seperti: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan perangkat pembelajaran lainnya yang menjadi takaran profesionalitas guru.
Untuk menghasilkan perencanaan beserta perangkat pembelajaran yang berkualitas, seorang guru hendaknya memiliki pemahaman yang memadai tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, memiliki kemampuan serta keterampilan-keterampilan teknis dalam mengembangkan program pembelajaran. Guru dituntut untuk mampu mengikuti dan mengantisipasi berbagai perubahan masyarakat, terutama dalam hal perubahan kurikulum, sehingga program pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam mempersiapkan dirinya sebagai warga masyarakat dan warga negara untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupannya.
Tidak tersedia versi lain