Text
Etnologi Virtual Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi Di Internet
Media siber (cybermedia) merupakan medium baru yang tidak sekadar menjadi sarana untuk menyampaikan pesan, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dan budaya terjadi. Kehadirannya tidak hanya membawa perubahan terhadap budaya di antara penggunanya, tetapi juga menjadikan perubahan itu sebagai objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi.
Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kajian antropologi, yang kemudian merambah ke bidang komunikasi dengan etnografi komunikasinya, kini menghadapi lapangan penelitian baru, bahkan objek yang juga baru, yang bersifat virtual, terpaku pada teks, dan bergantung pada perangkat teknologi itu sendiri.
Buku ini merupakan salah satu upaya untuk memandu bagaimana meneliti berbagai fenomena maupun kasus di media siber. Membahas teori etnografi virtual, realitas (budaya) di internet, isu-isu dalam riset etnografi virtual, paradigma dalam riset etnografi virtual, prinsip dan prosedur riset etnografi virtual, bagaimana melakukan riset etnografi virtual, serta contoh penggunaan etnografi virtual.
Buku ini akan bermanfaat tidak hanya untuk dosen, mahasiswa, atau peneliti, tetapi juga untuk praktisi dan mereka yang tertarik terhadap kajian di bidang llmu Komunikasi, Pemasaran, Public Relations, Jurnalisme, Sosial Budaya, maupun Politik.
Tidak tersedia versi lain