Text
Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital
Era digital telah terbuka pertanda pintu perdagangan antarnegara di dunia menjadi tidak terbatas. Berkaitan dengan itu maka sebagai pengusaha memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan usaha bisnis. Selama dekade terakhir, digital marketing telah berkembang terus menerus dan pesat. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital. Tingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget, harus bisa dimanfaatkan dengan pembuatan strategi pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly, sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online tersebut. Pandemi yang melanda mulai dari tahun 2020 lalu, menyebabkan pergeseran habit belanja online yang sangat signifikan dampaknya bagi beberapa sektor industri, khususnya industri produk nonesensial. Berdasarkan riset yang telah dilakukan iPrice sebelumnya mengenai tren minat belanja online selama musim Covid-19 di Indonesia, saat itu terjadi lonjakan permintaan kebutuhan esensial seperti bahan makanan dan suplemen kesehatan, sementara permintaan masyarakat terhadap produk nonesensial seperti fashion, kosmetik, dan smartphone melambat secara signifikan. Penelitian dan pengembangan mengeluarkan gagasan-gagasan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar, serta sesuai dengan kemampuan internal perusahaan tentang strategi digital marketing agar memiliki keunggulan bersaing yang tinggi. Hal ini dapat menciptakan kinerja pemasaran yang memuaskan dan dapat diterima oleh konsumen dan masyarakat.
Book chapter ini berisi tulisan dari berbagai dosen tentang strategi manajemen pemasaran di era digital yang membahas tentang konsep manajemen digital marketing, perencanaan strategis, proses pemasaran digital, e-marketing, pemasaran strategis, globalisasi pemasaran, ekonomi digital, analisis digital consumer serta CRM. Teknik-teknik yang diungkapkan dalam buku ini juga dapat sangat membantu mahasiswa untuk penyusunan skripsi. Book chapter ini dapat digunakan untuk pembuatan penelitian dan seminar proposal skripsi. Tim penulis berharap melalui buku ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para mahasiswa dan pembaca.
Pembahasan buku ini dibagi ke dalam 6 (enam) bab yang terdiri dari pembahasan, di antaranya:
Bab 1: Konsep Manajemen Digital Marketing,
Bab 2: Perencanaan Strategis dan Proses Pemasaran Digital,
Bab 3: Pemasaran Digital dan E-Marketing,
Bab 4: Pemasaran Strategik dan Pemasaran Digital,
Bab 5: Globalisasi Pemasaran dan Ekonomi Digital,
Bab 6: Analisis Digital Consumer dan CRM.
Buku Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.
Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Deepublish. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.
Tidak tersedia versi lain