Text
Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem
Anak judul buku ini adalah “Mengugkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengugkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.
Kalaulah tidak bisa dikategorikan sebagai istihsan (dalam ijtihad), gagasan dan penulisan buku ini dimaksudkan untuk bisa membantu bagi yang mengalami kesulitan di dalam melakukan penelitian, khususnya bagi mahasiswa dan peneliti pemula. Buku ini digagas dan ditulis dengan harapan pemikiran ini bisa diziarahi oleh banyak orang, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Ide atau gagasan sebaik dan sebrilian apapun jika tidak disampaikan kepada orang lain, diyakini kurang memiliki kebermanfaatan. Hal inilah yang menjadi latar belakang dan pemikiran tentang digagas dan ditulisnya buku ini. Hadirnya buku ini diharapkan dapat menambah sumber dan bahan bacaan buku teks metodologi penelitian, baik bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 pada berbagai bidang keilmuan, maupun para dosen dan peneliti di berbagai organisasi dan instansi. Bagi para sejawat dosen, buku ini dapat digunakan sebagai media sharing dan bahan bacaan untuk pengaya materi metodologi penelitian.
Tidak tersedia versi lain