Image of Bunga Rampai Sejarah Indonesia

Text

Bunga Rampai Sejarah Indonesia



Seperti judulnya, yaitu bunga rampai, buku ini berisi kumpulan tulisan yang sangat lengkap membahas sejarah Nusantara sejak zaman kerajaan hingga masa revolusi. Tidak hanya sejarah tokoh-tokohnya saja, tetapi juga budaya, kesenian, dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi selama kurun waktu tersebut. Pada masa Borobudur, misalnya, buku ini menuturkan pendapat-pendapat ahli sejarah yang memetakan terbentuknya Borobudur dan lingkungan di sekitarnya. Kemudian, ketika revolusi nasional, banyak ahli sejarah yang menceritakan tokoh-tokoh perwira Indonesia dan perjuangannya. Dalam rentang waktu era Borobudur hingga revolusi nasional yang lama itu, tentu saja banyak peristiwa yang terjadi. Semuanya dituliskan secara lengkap dalam buku ini.

Buku ini dikelompokkan menjadi beberapa bab yang membahas geografi kesejarahan, sejarah kesenian, peristiwa sekitar proklamasi, kisah pertempuran pada masa revolusi, sejarah pendidikan perwira, dan biografi tokoh-tokoh penting di Indonesia. Masing-masing bab tersebut diuraikan dengan sangat menarik sehingga mengundang rasa ingin tahu yang sangat besar dan dipastikan pembaca akan menemukan banyak pengetahuan sejarah di dalamnya.

***
Drs. Moehkardi adalah pensiunan Dosen Sejarah di Akademi Angkatan Bersenjata RI (AKABRI) Magelang (1969−1986). Ia dilahirkan di Kendal 11 April 1930. Ia memperoleh gelar S-1 di Universitas Kristen Satyawacana Salatiga pada 1968. Pengalaman menulis diperolehnya di majalah Intisari dan harian Kompas serta media massa lainnya sejak 1970. Dalam Lomba Mengarang “Sejarah Perjuangan” pada 1975, karangannya yang berjudul Pertempuran Lima Hari di Semarang, Oktober 1945, memenangkan Juara Pertama Tingkat Nasional dan memperoleh piala serta piagam penghargaan dari Presiden Soeharto.


Ketersediaan

UBD 9415 E1959.8 Moe bPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
959.8 Moe b
Penerbit Gadjah Mada University Press : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 218 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786023862993
Klasifikasi
959.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1 Cet. 2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this