Image of Belajar Otodidak Framework yii

Text

Belajar Otodidak Framework yii



Yii merupakan salah satu framework PHP berbasis komponen yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web secara mudah dan cepat, baik untuk web personal maupun web berskala enterprise. Sama seperti sebagian besar framework PHP lainnya, Yii juga menerapkan pola desain Model-View-Controller (MVC); yang memisahkan bagian kode untuk keperluan pemodelan struktur data, proses, dan presentasi/tampilan. Dengan pola pemisahan seperti ini, kode di dalam aplikasi menjadi lebih mudah dibaca, dipelihara, dan dikembangkan di kemudian hari.

Yii mencoba mengakomodir hampir semua kebutuhan umum yang diperlukan dalam pemrograman web dengan menyediakan pustaka-pustaka kelas yang lengkap serta tool yang dapat digunakan untuk menghasilkan kerangka (skeleton) aplikasi dan kode secara otomatis. Dalam Yii, halaman-halaman untuk melakukan pengolahan data dari tabel tertentu, disebut CRUD (create, read, update, delete), dapat dibuat dengan mudah dalam hitungan detik. Selain itu, Yii juga mengizinkan para developer untuk menggunakan ekstensi kode yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Hal ini akan sangat membantu dalam mempercepat proses pengembangan aplikasi.

Buku ini membahas tentang cara menggunakan framework Yii, mulai dari dasar sampai ke tingkat yang lebih lanjut; baik di lingkungan Windows maupun Linux (Ubuntu). Arsitektur aplikasi Yii dan masing-masing elemen penyusun aplikasi dibahas secara detail di bagian awal dengan tujuan agar Anda dapat memahami konsep-konsep inti yang diperlukan dalam bekerja dengan Yii. Pernak-pernik tentang pembuatan serta penggunaan model, view, dan controller juga dibahas secara terpisah pada bab tersendiri, disertai dengan contoh-contoh yang mudah untuk dipahami. Dengan demikian, Anda akan mudah mengimplementasikannya ke dalam kasus-kasus riil yang Anda miliki.

Syarat mutlak yang harus dimiliki sebelum mempelajari Yii adalah pengetahuan tentang pemrograman PHP, konsep pemrograman berorientasi objek, dan SQL. Buku ini juga disertai dengan referensi tentang ketiga materi tersebut sebagai lampiran, yang secara khusus ditujukan bagi Anda yang belum pernah bekerja dengan PHP.Free Pascal dan GCC (GNU C Compiler).


Ketersediaan

UBD 6722 E1004.678 Rah bPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
004.678 Rah b
Penerbit Informatika : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xvi, 454 hlm ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786021514962
Klasifikasi
004.678
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this