Image of Bank dan Lembaga Keuangan Lain

Text

Bank dan Lembaga Keuangan Lain



Perbankan telah dimulai sejak jaman dahulu, sebelum Masehi pada jaman Babylonia. Awal mula dilakukan adalah dengan meminjamkan biji-bijian kepada petani dan juga pinjaman diberikan kepada para pedagang. Kemudian, di Yunani Kuno semasa kekaisaran Romawi, dimulai pinjaman disertai bunga. Dalam Arkeologi, ditemukan bahwa Cina Kuno dan India juga mempunyai bukti adanya aktivitas pinjaman uang. Pada abad pertengahan, awal Renaissance di Italia, perbankan terbukti dimulai sejak abad ke 16 dan sebuah keluarga yang bernama The Bardi dan Peruzzi merupakan dua keluarga yang dikenal sebagai pengusaha peminjam uang kepada masyarakat.

Asal-usul perbankan modern dapat ditelusuri ke abad pertengahan dan awal Renaissance Italia, ke kota-kota kaya di utara seperti Florence, Lucca, Siena, Venice dan Genoa. The Bardi dan Peruzzi keluarga mendominasi perbankan di abad ke-14 di Florence, mendirikan cabang di banyak bagian lain Eropa. Salah satu bank Italia yang paling terkenal adalah Medici Bank, yang didirikan oleh Giovanni di Bicci de ‘Medici pada 1397. Adapun awal bank menerbitkan deposit negara adalah di Banco of San Giorgio (Bank of St. George), didirikan pada tahun 1407 di Genoa, Italia.

Tipe bank merupakan beragam jenis bank yang mempunyai kegiatan tertentu sehingga dapat dibagi menjadi: 1. Bank ritel, berhadapan langsung dengan individu dan usaha kecil, bisnis perbankan, bisnis pasar menengah; 2. Bank korporasi, melayani badan usaha besar; sering dikaitkan sebagai bank umum, yakni bank yang sebagian besar berhubungan dengan deposito dan pinjaman dari perusahaan atau bisnis besar. 3. Private banking, menyediakan layanan manajemen kekayaan untuk individu dan keluarga, investasi perbankan dan hal yang berkaitan dengan kegiatan di pasar keuangan, yang umumnya diperuntukkan bagi beberapa nasabah tertentu. Bank ini umumnya mempunyai relationship manager, untuk berkunjung.


Ketersediaan

UBD 7705 E1332.1 Wah bPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
332.1 Wah b
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 101 hlm ; 20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024536992
Klasifikasi
332.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this