Image of Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS

Text

Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS



Akhir-akhir ini muncul banyak buku metodologi penelitian. Kehadiran berbagai literatur ilmiah tentang penelitian seharusnya mempermudah mahasiswa mengerjakan skripsinya. Berbagai kajian tentang penelitian kuantitatif dapat diakses dengan mudah. Jurnal-jurnal online yang terpercaya juga sudah banyak menyajikan hasil-hasil penelitian kuantitatif. Beragam literatur tersebut sejatinya secara gamblang memberi tahu kepada kita bagaimana desain sebuah karya penelitian kuantitatif. Mahasiswa tinggal mengabstraksi gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh para peneliti, mengikuti pola penulisan yang berlaku umum atau sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh institusinya.

Persoalan lain yang dihadapi oleh mahasiswa adalah dari mana harus memulai penelitian, bagaimana mencari dan menemukan masalah penelitian, variabel-variabel penelitian apa yang akan dijadikan sebagai topik penelitian, apakah ada literatur-literatur yang berkaitan dengan variabel yang akan digarap, bagaimana menyusun kuesioner penelitian, dan masalah-masalah teknis lainnya. Atas alasan inilah buku ajar ini dibuat dengan tujuan utama membantu mahasiswa mengerti tentang apa yang akan ditulis. Oleh karena itu, apa yang disajikan dalam buku ini diusahakan sesuai dengan konsep-konsep metodologi penelitian dan dibatasi pada penelitian kuantitatif. Konsep-konsep dasar metodologi penelitian kuantitatif meliputi jenis penelitian kuantitatif yang dipakai, memilih dan mendefinisikan masalah penelitian, mendesain penelitian, memilih dan merumuskan model hubungan antar variabel, dan hal-hal lainnya akan disajikan di dalam buku ajar ini.

Buku ajar ini dibuat untuk kepentingan penulisan skripsi bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada, Batam. Penulisan skripsi tidak hanya sekadar memenuhi tugas akhir, tetapi lebih dari itu mahasiswa dapat belajar dan memahami bahwa sebuah keputusan harus didasari pada data dan fakta. Usulan perbaikan harus berangkat dari hasil analisis atas fakta yang terjadi, bukan berdasarkan asumsi atau karena ada kepentingan pribadi. Melalui kerja penelitian mahasiswa memahami dan belajar bagaimana cara memecahkan sebuah masalah secara ilmiah.


Ketersediaan

UBD 8038 E1001.42 Dul mPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001.42 Dul m
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 188 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230204371
Klasifikasi
001.42
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this