Image of Akuntansi Manajemen

Text

Akuntansi Manajemen



Akuntansi manajemen ialah sistem akuntansi yang mempunyai tujuan untuk menampilkan laporan keuangan untuk kepentingan pihak internal organisasi atau perusahaan, seperti manajer produksi, manajer pemasaran, manajer keuangan, dan pihak internal lainnya. Sementara itu, Charles T. Homgren (2006) berpendapat akuntansi manajemen ialah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif untuk mencapai tujuan organisasi. Informasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk dasar dalam membuat kebijakan di masa depan seuai dengan data historis dari laporan keuangan.

Sementara itu, menurut Halim & Supomo (2000), akuntansi manajemen ialah aktivitas kegiatan yang menghasilkan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen. b. Tujuan Akuntansi Manajemen Ada sejumlah tujuan dari akuntansi manajemen, yaitu diantaranya :

1) Menghasilkan informasi keuangan Informasi keuangan diperlukan oleh manajemen sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan manajemen serta melihat atau menilai hasil-hasil yang sudah didapatkan suatu perusahaan.

2) Mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi keuangan Dalam melakukan penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen dalam sebuah organisasi perusahaan. Misalnya: Kalkulasi biaya produk, Kalkulasi biaya suatu kegiatan, Kalkulasi biaya suatu department.

3) Menyajikan laporan-laporan Sebagai suatu kegiatan untuk kepentingan pihak internal dalam rangka untuk melaksanakan proses manajemen yang meliputi suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.


Ketersediaan

UBD 8071 E1657 Ari aPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
657 Ari a
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 140 hlm ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230234903
Klasifikasi
657
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this