Image of Keuangan Publik

Text

Keuangan Publik



Keuangan publik merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari aktivitas finansial pemerintah. Sering disebut juga sebagai public sector economics/public economics. Fokus dari matakuliah ini adalah pada fungsi mikroekonomi pemerintah, cara pemerintah memengaruhi alokasi sumber daya yang ada dan distribusi pendapatan di masyarakat melalui kebijakan di bidang pajak, pengeluaran, dan kebijakan fiskal serta moneter yang berdampak pada pengangguran dan tingkat harga produk.

Secara umum, terminologi keuangan publik dapat diartikan sebagai keuangan negara, aktivitas keuangan pemerintah. Secara teori, tidak selalu jelas subjek dari public finance, karena tergantung bentuk negara, sistem pemerintah dan konstitusi yang mengatur kehidupan kenegaraan suatu negara. Indonesia sendiri merupakan Negara Demokratis yang setiap aktivitas dilakukan dengan asas musyawarah. Indonesia memiliki dasar hukum yakni UUD 1945 dan Pancasila dalam menganut sistem pemerintahannya.

Buku ini disusun dengan melihat beberapa referensi dari buku dan artikel untuk melengkapi beberapa materi yang relevan. Adapun penyajian di dalam buku ini mengombinasikan dari teori dan praktik di lapangan agar lebih menarik untuk dibaca dan dijadikan bahan rujukan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, buku ini berisi beberapa bab pembahasan yang di antaranya adalah: ruang lingkup keuangan publik, barang publik, peranan pemerintah dalam perekonomian, kebijakan fiskal dan moneter, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), teori dasar perpajakan, dampak pajak terhadap masyarakat dan ekonomi, utang negara, desentralisasi fiskal, pajak daerah, peran dan fungsi negara dalam Islam, instrumen zakat dan nonzakat sebagai sumber penerimaan dan pengeluaran keuangan negara, instrumen keuangan publik, dan isu kontemporer keuangan publik.


Ketersediaan

UBD 8397 E1352.4 Bat kPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
352.4 Bat k
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 256 hlm; Ilus; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233841641
Klasifikasi
352.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this