Image of Artificial Intelligence Edisi 3

Text

Artificial Intelligence Edisi 3



Artificial intelligence (Al) merupakan teknologi disrupti, yang mengubah kemapanan bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Al memberikan manfaat sekaligus ancaman. Berbagai isu, kasus, masalah, serta pro dan kontra terus bermunculan, terutama yang berkaitan-dengan bocornya data pribadi pengguna yang diduga banyak digunakan untuk membangun sistem AI.

Oleh karena itu, sejumlah kalangan mendesak agar etika, hukum, dan regulasi segera dibuat, diratifikasi, dan ditegakkan agar AI bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat manusia. Hal ini karena Al, yang semula klasik sehingga mudah ditelusuri input, proses, dan outputnya, kini telah berkembang menjadi semakin modern dan canggih, yang mampu belajar secara cepat (dan bahkan secara mandiri/otonom) dari ribuan, jutaan, bahkan miliaran data. Di dalam Al dikenal empat teknik pemecahan masalah: Searching, Reasoning. Planning dan Learning.

Tiga teknik pertama dikenal sebagai Al klasik sedangkan yang terakhir dikenal sebagai AI modern, yang mengalami perkembangan pesat dengan istilah Machine Learning (ML), Deep Learning (OL), dan Evolutionary Machine Learning (ML). Di dalam setiap teknik, terdapat banyak metode yang diusulkan dan sudah-dibuktikan secara matematis maupun empiris. Penggunaan, teknik dan metode tersebut sangat bergantung pada permasalahan yang akan diselesaikan. Mereka yang baru mempelajari Al seringkali merasa kesulitan dalam memilih teknik dan metode yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Buku ini membahas keempat teknik Al tersebut dan metode-metode yang ada di dalamnya.


Ketersediaan

UBD 8884 E1006.3 Suy aPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia
UBD 8884 E2006.3 Suy aPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
006.3 Suy a
Penerbit Informatika Bandung : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xx, 316hlm;, 24cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237131465
Klasifikasi
006.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this