Image of Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif)

Text

Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif)



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan ditabulasi sehingga didapatkan informasi berkaitan dengan masalah tertentu. Sedangkan statistik inferensial adalah metode yang menggunakan rumus statistik dan hasil perhitungannya dijadikan sebagai pedoman dalam membuat kesimpulan secara umum atau mengeneralisasikannya. Statistik inferensial memungkinkan kita untuk membuat prediksi dari data tersebut. Dengan menggunakan statistik inferensial kita dapat mengambil data sampel untuk mengamati atau memprediksi kasus dalam suatu populasi. Biasanya teknik statistik yang digunakan yaitu uji-T, ANOVA, korelasi, dan regresi. Karena hasil keputusan sangat ditentukan oleh sampel, pemilihannya harus dilakukan pada populasi yang jelas dan dilakukan secara random.
Tahap-tahap melakukan analisis statistik inferensial adalah memilih sampel, menentukan metode analisis, dan mengambil keputusan berdasarkan sampel. Statistik inferensial adalah metode statistik yang banyak digunakan karena tidak membutuhkan biaya dan tenaga besar, namun tetap dapat menghasilkan estimasi akurat. Statistika inferensial juga cocok digunakan jika Anda tidak memiliki banyak populasi sebagai sumber data.
Buku ini sendiri merupakan buku kedua dari dua seri buku statistik , yaitu Statistik 1 dan Statistik 2. Sesuai dengan judulnya, buku ini membahas mengenai materi-materi statistik.yang tercakup dalam statistik inferensi. Yaitu : 1) probabilitas, 2) distribusi teoritis, 3) distribusi sampling, 4) pendugaan parameter, 5) pengujian hipotesis, 6) regresi korelasi berganda, dan 7) statistik nonparametrik. Sasaran utama buku ini adalah mahasiswa yang sedang mempelajari statistik 2, karena itu pembahasannya disesuaikan dengan SAP (Satuan Acara Perkuliahan).


Ketersediaan

UBD 9081 E1314 Has pPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
314 Has p
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
373 hlm;, 23 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
9795267787
Klasifikasi
314
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 2 Cet. 11
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this