Buku ini membahas tentang: 1. Pendahuluan 2. Asas-asas pemungutan pajak 3. Pembagian hukum pajak dan pembedaannya 4. Pembedaan pajak dan pembagiannya 5. Utang Pajak 6. Peradilan dalam hukum pajak 7. Penafsiran dalam hukum pajak 8. Tarif pajak 9. Penagihan pajak 10. Fungsi pajak yang bersifat mengatur 11. Hukum pajak internasional
Buku ini dilengkapi dengan terminologi hukum dan epistemologi yang menjelaskan bahwa setelah diterapkan dalam masyarakat, ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi hukum atau norma menjadi kaidah hukum, termasuk hukum ketenagakerjaan.
Banyak negara yang telah memberlakukan Undang-Undang Antimonopoli untuk membantu menciptakan iklim usaha yang sehat dan bebas dari praktik kolusi, korupsi, dan nepotisme. Indonesia pun telah menetapkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang diharapkan dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan yang sama kepada seti…
Buku karya An An Chandrawulan yang berjudul Hukum Perusahaan Multinasional ini membahas tentang aspek hukum dari Perusahaan Multinasional dalam perdagangan internasional dan penanaman modal asing. Terdiri dari 4 bab, yang masing-masing pembahasan bab memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Bab I merupakan pembahasan mengenai perusahaan nasional dalam perdagangan internasional serta penanaman…
Buku Penerapan Teori Hukum pada Penelitian Tesis dan Disertasi ini merupakan satu-satunya buku di Indonesia yang mengkaji dan menganalisis secara menyeluruh tentang perkembangan teori di dalam Ilmu Hukum, baik teori yang menganalisis tentang hukum normatif maupun hukum empiris, serta mengkaji dan menganalisis hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa S2 maupun mahasiswa S3. Buku ini …
The bestselling business classic published 62 years ago that Raytheon CEO William Swanson made famous in his Unwritten Rules of Mangement. In the summer of 2005, Business 2.0 published a cover story on Raytheon CEO William Swanson's self-published pamphlet, Swanson's Unwritten Rules of Management. Lauded by such chief executives as Steve Jobs and Warren Buffett, the booklet became a quiet pheno…
Buku ini menguraikan perkembangan dan konsolidasi lembaga negara di Indonesia pasca amandemen UUD 1945 di era reformasi, serta memberikan pemahaman baru mengenai pengertian dan pengaturan lembaga negara ini. Pemahaman baru ini begitu penting karena masing-masing lembaga menjalankan fungsi, tugas dan kedudukannya, sehingga memerlukan pemahaman yang tepat agar dapat berjalan sebagai suatu sistem …
Buku ini berisi penjelasan yang luas tentang tata cara (prosedur)beracara di pengadilan perdata yaitu sebelum, pada saat, dan sesudah persidangan yang dituangkan dalam 14 bab. Bab pertama membahas tentang surat kuasa mengenai pengertian, jenis, dan bentuknya. Bab dua sampai bab empat mengkaji tentang surat gugatan termasuk gugatan perwakilan kelompok (class action). Bab lima tentang kekuasaan m…
Hukum Perbankan (banking law) dapat diartikan sebagai serangkaian ketentuan hukum yang mengatur segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, baik mengenai kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Secara yuridis buku ini menguraikan prinsip-prinsip dan ketentuan-ketentuan yuridis perbankan; peranan bank sebagai lembaga keuangan dalam sistem keua…
Hukum humaniter bukan bertujuan untuk melarang perang atau untuk mengadakan undang-undang yang menentukan permainan “perang”, tetapi lebih didasari oleh alasan-alasan kemanusiaan, untuk mengurangi atau membatasi penderitaan individu-individu serta sampai batas mana wilayah konflik bersenjata diperbolehkan. Dengan alasan-alasan ini, kadang hukum humaniter juga disebut sebagai “peraturan pe…
Buku Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia ini berisi uraian tentang pemikiran hukum dan ketentuan hukum mengenai perlindungan terhadap konsumen sehubungan dengan memakai atau mengonsumsi barang dan jasa konsumen produk dari pelaku usaha, dengan pedoman dasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan peraturan perundang-undangan yang terkait.
Sebagai sasaran utama dari para produsen, konsumen berada pada posisi yang rentan untuk mengalamai ketidakadilan dan amnipulasi dalam relasi produsen-konsumen. Bahkan teknik promosi dan advertising menyebabkan tak jarang konsumen tannpa sadar membeli produk-produk secara tidak rasional atau dilanggar hak-haknya. Karena itu, dibutuhkan seperangkat aturan dan regulasi yang bisa membela hak-hak ko…
Buku ini merupakan himpunan makalah-makalah pembicara maupun pembanding pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNISBA dengan tema Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Sistem Hukum Nasional Menghadapi Era Perdagangan Bebas. Pda saat seminar diselenggarakan yaitu tanggal 9 Mei 1998-Undang-Undang perlindungan konsumen belum diterbitkan, sehingga masukan-masukan dari…
Buku Hukum Merek mempermudah memahami tentang merek dagang maupun merek jasa berdasarkan Undang-undang Nomor 15 tahun 2001 tentang merek. Buku ini mengetengahkan ketentuan Undang-undang Merek serta penjelasannya kemudian ditambahkan komentar atau penafsiran tentang pasal-pasal undang-undang Merek.
Pembahasan dalam buku ini dilakukan dengan cara menerangkan terlebih dahulu ruang lingkup bisnis dan pengertian bisnis serta bentuk badan usaha yang biasanya terlibat dalam dunia bisnis. Selanjutnya permasalahan kontrak, anatomi-anatomi kontrak, serta jalan keluarnya. Tidak ketinggalan pula dijelaskan beberapa hubungan bisnis yang terjadi dan sering diberitakan sehari-hari serta lembaga pembiay…
Corporate Finance Foundations has built a loyal following due to its strong real-world emphasis, clear writing style, and step-by-step explanations that simplify difficult concepts. The text focuses on the "nuts and bolts" of finance with clear and thorough treatment of concepts and applications. In addition to completing the textbook revisions, Hirt, Block, and Danielsen also revise all end of…
Buku ini merupakan penerapan atau pelaksanaan dari Undang-Undang Perlindungan konsumen No. 8 Tahun 1999 dan yang dimaksud dengan perlindungan adalah jaminan yang seharusnya diperoleh setiap konsumen khususnya konsumen akhir dari sebuah produksi yang dikonsumsi, digunakan, dipakai, dan sebagainya.