Seiring berjalannya waktu bahwa pasar beroperasi dalam ekosistem. Meskipun pengamatan yang dilakukan memberikan gambaran yang konkrit, secara historis belum dimasukkan ke dalam banyak keputusan manajerial. Selama bertahun-tahun, pemasaran yang dilakukan melibatkan berbagai aspek dan komponen seperti membeli, menjual, dan mengkonsumsi yang mampu mengambil perhatian dan kepekaan pada lingkungan. …
Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan di pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan b…
Buku Strategi Pemasaran Retail Jilid 1 Strategi pemasaran ritel mengacu pada pemasaran berdasarkan variabel, dimana pedagang eceran dapat menggunakan alternatif sebagai strategi pemasaran untuk menarik konsumen. Variabel ini biasanya mencakup faktor-faktor seperti jenis barang dan jasa yang ditawarkan, harga, iklan, promosi dan tata letak, desain toko, lokasi toko, dan presentasi barang daganga…
Merosotnya perekonomian Indonesia selama masa pandemi Covid 19 menyebabkan banyaknya pengangguran yang beralih ke industri rumahan, namun belum memiliki pengetahuan memadai dalam menjalankan usahanya. Perlu adanya pemahaman bagaimana melakukan branding usaha yang menarik, mengelola media sosial dan marketplace, pencatatan transaksi yang konsisten, dan menghitung harga pokok produksi serta menen…
Perilaku konsumen merupakan aktivitas yang dilakukan oleh konsumen dalam bagaimana memperoleh barang dan jasa, menggunakannya dan tidak memakainya lagi sebagai hasil dari pengaruh faktor-faktor pribadi dan lingkungan, serta kegiatan pemasaran. Perilaku konsumen berpusat pada proses keputusan pembelian. Proses keputusan pembelian yang kompleks terdiri atas lima langkah, yaitu (1) munculnya kebut…
Benar-benar global dalam penampilan, rasa, fokus, dan contohnya, ditambah dengan banyak sekali kasus dari seluruh dunia. Carlyle Farrell memberikan banyak variasi dan banyak kesempatan mengajar. Buku ini adalah sebuah pengayaan literatur pemasaran internasional dan sebuah buku ajar yang luar biasa. Buku ini kaya, mudah dipahami, simpel, dan menarik bagi siswa dengan latar belakang budaya dan pe…
uku ini membahas pentingnya suatu perusahaan jasa memahami perubahan yang sangat cepat dalam era transformasi.Dalam merespon perubahan lingkungan ini perusahaan harus memiliki fondasi yang kuat dalam lingkungan internalnya. Perusahaan harus menciptakan lingkungan internal yang kondusif agar tercapai kepuasan dan produktivitas karyawan sehingga karyawan bisa memberikan excellent service kepada p…
Di era ketika media digital telah menjadi tulang punggung komunikasi dan pemasaran, pengetahuan tentang manajemen periklanan digital menjadi semakin krusial. Buku ini bukan hanya merupakan sebuah karya tulis, melainkan sebuah persembahan inte lektual yang kami harapkan dapat membuka jendela bagi pembaca untuk memahami kompleksitas dan dinamika industri periklanan digital. Buku ini juga merup…
"Strategi UMKM dan Bisnis Kreatif" adalah panduan yang menginspirasi dalam dunia bisnis yang dinamis dan berdaya saing. Buku ini menawarkan panduan mendalam untuk pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta bisnis kreatif, dengan fokus kuat pada inovasi sebagai kunci kesuksesan di era ekonomi yang berubah cepat. Pembaca akan diajak dalam perjalanan mulai dari perencanaan awal hing…
Buku Strategi Pemasaran 5.0 ini merupakan edisi ke-2 dari buku Strategi Pemasaran yang penulis susun tahun 2011. Beriringan perubahan lingkungan yang begitu cepat, yaitu adanya pandemi COVID-19 ketika buku ini ditulis, serta perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dengan memanfaatkan teknologi digital untuk seluruh sektor kehidupan manusia, baik pada sektor bisnis, pemerintah…
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Dengan pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Disinilah peran manajer pemasa…
Buku ini merupakan hasil dari kajian mendalam yang dilakukan melalui pengungkapan faktor-faktor yang mempengaruhi respon konsumen terhadap produk lokal. Dalam era globalisasi dan persaingan pasar yang semakin ketat, penting bagi kita untuk memahami dinamika perilaku konsumen dalam menghadapi produk-produk lokal yang beraneka ragam. Saliansi mortalitas merujuk pada pola atau hubungan antara angk…
UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaan, bahan baku, teknologi, SDM, kewirausahaan, manajemen, birokrasi, infrastruktur, kemitraan, dan kelembagaan, ditambah lagi dampak Covid-19 menambah berat tangtangan bagi UMKM. Kondisi ini bukan pilihan, tapi harus dihadapi untuk meningkatngkan daya saing, dengan mengikuti perubahan dan tuntutan pasa…
Manajemen Pemasaran adalah aspek penting dari keberhasilan organisasi mana pun. Hal ini memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan profitabilitas bisnis. Manajemen Pemasaran dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan organisasi. Bidang ini melibatkan analisis tren pasar, pemahaman terkait …
Buku “Manajemen Pemasaran” ini sebagai panduan bagi mahasiswa serta sebagai sumber referensi yang terdiri dari tujuh bab yang mencakup berbagai aspek pemasaran. Buku ini membahas topik-topik seperti lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, perilaku konsumen, riset pasar, pasar, segmenting, targeting, positioning dan peralihan dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital (digital marketi…
Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam undang-undang. Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian ba…
Strategi pemasaran ritel mengacu pada pemasaran berdasarkan variabel, dimana pedagang eceran dapat menggunakan alternatif sebagai strategi pemasaran untuk menarik konsumen. Variabel ini biasanya mencakup faktor-faktor seperti jenis barang dan jasa yang ditawarkan, harga, iklan, promosi dan tata letak, desain toko, lokasi toko, dan presentasi barang dagangan. Buku ini akan mengulas tentang strat…
Dalam era media yang canggih dan teknologi, di mana pelanggan dibanjiri dengan pesan dari agen pemasaran sepanjang waktu, telah menciptakan kesulitan bagi banyak perusahaan untuk meningkatkan efisien perusahan, tanpa memahami konsep digital marketing. Situasi ini mendorong dengan masif penyesuaian yang cepat dari internet dan penggunaan perangkat lainnya. Dengan investasi yang cukup kecil pada …
Buku ini tentang teori dan strategi pemasaran mulai dari pengertian dasar sampai dengan strategi dan implementasinya. Untuk melengkapi strategi pemasaran juga disertakan pembahasan mengenai komunikasi pemasaran, manajemen relasi pelanggan dan pengenalan pemasaran digital. Selengkapnya buku ini berisi: Pengertian pemasaran Apa saja yang dapat dipasarkan Peranan pemasaran dalam dunia bisnis …
Dalam masa pandemi Covid-19 ini UMKM merupakan bagian yangmampu menggerakkan ekonomi masyarakat kita. Keberlangsungan UMKMdalam masa ini menjadi bagian yang sangat penting.Buku Kinerja dan Keberlangsungan UMKM ini berisi tentang UMKMdan perkembangannya, serta pada masa pandemi COVID-19, kemudiantentang UMKM di Bandar Lampung, khususnya di tiga pasar terbesar danikonis yang berada di pusat Kota …
“In God we trust. All others must bring data.” Pernyataan William Edwards Deming ini amat relevan bagi pengambilan keputusan strategik dan taktikal pemasaran dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Riset pemasaran memfasilitasi perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan secara sistematis atas data dan temuan yang relevan dengan situasi pemasaran spesifik. Buku ini mengulas prinsi…
Informasi harus disediakan oleh riset pemasaran karena mahalnya biaya riset dan persaingan yang semakin tinggi serta perlunya pengambilan keputusan yang benar dan tepat agar tercapainya kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen telah menjadi titik sentral perhatian dalam bisnis dan manajemen sehingga berbagai literatur yang menyangkut bisnis dan manajemen organisasi, baik yang bersifat mencari laba …
Buku ini membahas perilaku ketidakloyalan pelanggan terhadap suatu merekprovider seluler. Untuk itu, penulis juga menyampaikan strategi pemasaran yang mendorong citra suatu merek menjadi lebih baik, sehingga provider dapat menerapkannya. Semoga buku ini bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan dan masyarakat pada umumnya.
Seperti halnya Buku Seri 1 dan 2, Buku Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 3 juga terdiri dari dua bagian. Bagian pertama membahas beberapa metode statistik untuk mengolah, menyajikan, dan menganalisis data. Metode statistik yang dibahas adalah ANOVA (Analysis of Variance), ANCOVA (Analysis of Covariance), Regression (Regresi), dan SEM (Structural Equation Modelling). Bagian kedua mendiskusikan b…
Buku ini adalah kelanjutan dari Buku Seri 1: Riset Pemasaran dan Konsumen. Buku Seri 1 membahas prosedur melakukan riset pemasaran dan konsumen serta membahas berbagai topik riset pemasaran dan konsumen berdasarkan kajian artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Buku Seri 2 ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama membahas persiapan data untuk diolah dan dianalisis serta metode stati…